Diabetes mellitus

Sedikit Info Seputar Diabetes mellitus Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Informasi Seputar Android, kali ini akan membahas artikel dengan judul Diabetes mellitus, kami selaku Team Informasi Seputar Android telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Informasi Seputar Android. semoga isi postingan tentang Artikel Kesehatan, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar Diabetes mellitus Terbaru
link: Diabetes mellitus

"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi Diabetes mellitus Terbaru dan Terlengkap 2017

Apa yang terfikir pertama kali jika mendengar kata “GULa”????



Manis………  atau SEMUT?????








Apakah anda tahu resiko mengkonsumsi “GULA”?

Kencing manis…. Ya… kencing manis atau biasa di sebut dengan Diabetes mellitus.


DISINI… kita akan membahas sedikit tentang apa itu “KENCING MANIS /DIABETES MELLITUS.


DIABETES MELLITUS
            Diabetes mellitus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan menahun terutama pada system metabolism karbohidrat, lemak, dan juga protein dalam tubuh (dr. Endang Lanywati, 2006).

Lalu…..?????? Hubungannya dengan gula apa????
GULA
Fungsi gula dalam tubuh
            Secara umum, makanan manusia mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Beberapa unsur yang termasuk dalam kelompok karbohidrat adalah gula, tepung dan selulosa. Karbohidrat dalam makanan mempunyai beberapa fungsi utama yang tidak dapat digantikan oleh zat makanan lain. Gula di dalam tubuh berfungsi sebagai sumber tenaga atau energy gerak, sumber energy gerak bagi sel otak dan jaringan syaraf. Disamping itu, gula juga berfungsi dalam pembentukan protein dan lemak.
            Dalam proses penyediaan tenaga, gula merupakan bahan utama yang diperlukan dalam proses kimia untuk menghasilkan bahan energy tinggi ATP (adenosine triphosphate). Pada saat otot berkontraksi, otot memerluka tenaga. Pada saat itu ATP dipecah menjadi ADP (adenosine diphosphat), sehingga dapat dihasilkan energy yang dapat dipergunakan untuk bekerja atau berolahraga. Sehingga dengan demikian, gula diibaratkan sebagai bahan bakar utama bagi aktivitas manusia, atau sebagai bensin yang merupakan bahan utama mobil.
            Gula dalam darah diperoleh dari fraksi karbohidrat yang terdapat dalam makanan, gugus / molekul gula dalam karbohidrat dapat dibagi menjadi dua golongan sebagai berikut :
1.      Gugus gula tunggal (monosakarida) yaitu karbohidrat yang terdiri atas satu gugusan gula, misalnya glukosa atau fruktosa
2.      Gugus gula majemuk, terdiri atas dua kelompok, sebagai berikut :
a)      Disakarida atau karbohidrat yang terdiri atas dua gugusan gula, misalnya sukrosa dan laktosa
b)      Polisakarida atau karbohidrat yang terdiri dari banyak gugusan gula, misalnya tepung (amilum), selulosa dan glikogen

Proses penyerapan gula dari dalam makanan, dapat dibedakan menjadi dua tahap proses, sebagai berikut :
1.        Tahap pertama, setelah makanan dikunyah dalam mulut, selanjutnya makanan tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan (lambung dan usus). Pada saat itu, gugusan gula majemuk diubah menjadi gugusan gula tunggal, sehingga karbohidrat siap untuk diserap tubuh.
2.        Tahap kedua, gugusan gula tunggal melalui ribuan pembuluh kecil, menembus dinding usus dan masuk ke pembuluh darah (vena porta).

Kadar gula dalam darah akan dijaga keseimbangannya oleh hormone insulin yang diproduksi oleh kelenjar beta sel pancreas di perut. Mekanisme kerja hormone insulin dalam mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah adalah dengan mengubah gugusan gula tunggal menjadi gugusan gula majemuk yang sebagian besar disimpan dalam hati dan sebagian kecil disimpan dalam otak sebagai cadangan pertama. Namun, jika kadar gula dalam darah masih berlebihan, maka hormone insulin akan meengubah kelebihan gula tersebut menjadi lemak dan protein melalui suatu proses kimia, dan kemudian menyimpannya sebagai cadangan kedua. Dalam keadaan sehat atau normal, kadar gula dalam darah saat berpuasa berkisar antara 80mg % - 120mg %, sedangkan 1 jam sesudah makan akan mencapai 170mg %. Perubahan kadar gula dalam darah tersebut merupakan fungsi utama dari hormone insulin.


Sudah Tahukah Anda gejala KENCING MANIS / DIABETES MELLITUS??

Oval: POLIURIAOval: POLIPAGIAOval: POLIDIPSIBerikut ini gejala klasik diabetes mellitus atau yang biasa dikenal dengan istilah trio-P







·         Poliuria (banyak kencing)
·         Polidipsi (banyak minum)
·         Polipagi (banyak makan)

Adapun pada penderita yang berat (parah), akan timbul beberapa gejala atau tanda lain, yaitu sebagai berikut:
1.      Terjadinya penurunan berat badan
2.      Timbulnya rasa kesemutan (mati rasa) atau sakit pada tangan atau kaki
3.      Timbulnya borok (luka) pada kaki yang tak kunjung sembuh
4.      Hilangnya kesadaran.

Penyebab Diabetes mellitus
            Dari hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ahli kedokteran dikemukakan bahwa diabetes tidak hanya disebabkan oleh factor keturunan (genetic), tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa factor lain yang multi kompleks, antara lain kebiasaan hidup dan lingkungan.

Klasifikasi Diabetes Mellitus
            Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) mengakui tiga bentuk diabetes mellitus, yaitu sebagai berikut:
1.      DM tipe 1 : diabetes yang tergantung pada insulin dimana tubuh kekurangan hormone insulin, dikenal dengan istilah Insulin Dependent Diabetes Mellitus(IDDM)
2.      DM tipe 2 : dimana hormone insulin tidak dapat berfungsi dengan semestinya, dikenal dengan istilah Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM)
3.      DM Gestasional (GDM) : terjadi disekitar 2-5% dari semua kehamilan, bersifat temporer, janin mengalami kecacatan dan menderita penyakit jantung sejak lahir.

ADA ISTILAH MENGATAKAN, “ MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI”……
LALU BAGAIMANA CARA MENCEGAHNYA???
Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara umum adalah:
1.      Diet yang baik dan terukur agar berat badan tidak berlebihan. Usahakan untuk dapat mencapai dan mempertahankan berat badan normal, atau bahkan berat badan ideal.
2.      Olahraga secara teratur dan terukur, agar kelebihan gula dan lemak di dalam tubuh dapat berkurang. Disamping itu, dengan olahraga secara teratur, otot-otot akan menjadi kencang dan organ-organ tubuh dapat bekerja dengan lebih lancer, baik dan efisien.



Semoga bermanfaat!!!

Itulah sedikit Artikel Diabetes mellitus terbaru dari kami

Semoga artikel Diabetes mellitus yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Informasi Seputar Android. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Diabetes mellitus