Sedikit Info Seputar
Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif
Terbaru 2017
- Hay gaes kali ini team Informasi Seputar Android, kali ini akan membahas artikel dengan judul Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif, kami selaku Team Informasi Seputar Android telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Informasi Seputar Android. semoga isi postingan tentang
Artikel Otomotif, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul:
Berbagi Info Seputar
Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif
Terbaru
link: Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif
Berbagi Materi Lengkap Sistem Kemudi TKR Otomotif Terbaru dan Terlengkap 2017
Bagi siswa otomotif apalagi yang baru belajar dan mengenal dunia otomotif tentu penasaran dan ingin segera belajar, hehe dan kali ini saya memiliki kesempatan untuk dapat membahas artikel yag berisi materi sistem kemudi untuk kalian para siswa TKR, kalian yang kuliahh jurusan otomotif dan semua masyarakat umum yang membaca artikel saya ini.
Sebelum menginjak materi selanjutnya kalian harus mengetahui beberapa komponen sistem kemudi yaitu :
- Steering Wheel yaitu roda kemudi
- Steering Main Shaft yaitu penghubung steering wheel dan steering gear
- Tie Rod yaitu penghubung antara roda dan tie rod end dan di tierod terdapat ulir untuk melakukan spooring ban agar senter.
- Pitman Arm yaitu berfungsi untuk meneruskan tenaga dari roda gigi sektor ke tierod (di recilculating ball)
- Relay Rod berfungsi untuk menghubungkan pitman arm dan tie rod end
- Steering Knuckle yaitu yang terpasang pada poros ball joint (lower arm biasanya) dan dalam steering knuckle juga terdapat bearing. Fungsi steering knuckle adalah sebagai poros putaran roda.
- Idler arm berfungsi untuk membatasi gerakan dan juga sebagai pemegang tambahan relay rod
- Masih banyak lagi komponen lainnya yang dapat anda lihat dimana letak berbagai komponen sistem kemudi pada 5 gambar di bawah ini :
Jenis Sistem Kemudi :
Sistem Kemudi Manual
Kelemahan sistem kemdui manual adalah pengemudi harus mengeluarkan tenaga yang banyak untuk menggerakan roda atau kemudi lebih berat dan akan membuat pengemudi cepat lelah dan bisa saja dapat membahayakan pengemudi.Sistem Kemudi Power Steering
Power Steering akan menambah kekuatan pengemudi dengan memanfaatkan teknologi hydraulic. Kelebihan power steering adalah meringankan pengemudi dan dapat mengendalikan kendaraan lebih stabilDari dua jenis sistem kemudi diatas memang memiliki kelebihan sendiri-sendiri namun sistem kemudi power steering sudah diterapkan di banyak mobil dan malah jarang ada mobil dengan kemudi manual, itupun pasti mobil keluaran lama.Berikut uraian dari 2 jenis sistem kemudi di atas :
Sistem Kemudi Manual (Steering Gear)
Recilculating Ball
Keuntungan dari Recilculating Ball adalah ukuran komponen besar, keausan kecil karena terdapat oli pelumas dan tenaga yang diperlukan saat memutar roda kemudi lebih ringan.
![]() |
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
![]() |
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
![]() |
Bagian-Bagian Recilculating Ball |
![]() |
Worm gear atau roda gigi cacing |
Rack and Pinion
Waktu roda kemudi diputar maka pinion akan berputar dan akan menggerakan rack ke kanan atau kekiri sesuai dengan putaran roda kemudi.Kelebihan rack and pinion adalah konstruksinya yang lebih sederhana dibandingkan recilculating ball dan ketika pengemudi menggerakan roda kemudi akan terasa ringan. Kekurangannya roda gigi cepat aus dan hanya cocok untuk kendaraan kecil
![]() |
Gambar dan Nama Komponen Kemudi Tipe Rack and Pinion |
![]() |
Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion |
![]() |
Ilustrasi Sederhana Kemudi Tipe Rack and Pinion |
Komponen Sistem Kemudi
Steering Column
- Steering wheel
- ignition switch
- upper bearing assembly
- steering column
- dash mount
- steering shaft
- lower shaft bearing
- universal jount
- firewall mount
- dan mungkin ada beberapa bagian lagi karena terus mengalami perkembangan
Jenis Steering Column :
Jenis Collapsible
Jenis Non Collapsible
Steering Gear
Seperti pada dua jenis komponen sistem kemudi di atas yaitu rack and pinion dan recilculating ball.Steering gear model worm dan sector roller
Model Worm and Sector
Model Screw Pin
Model Screw dan Nut
Model Recilculating Ball
Model Rack and Pinion
![]() |
Ball-Crank Steering Linkage |
![]() |
Steering Linkage Model Rack and Pinion |
Wikipedia.org
http://torquespecs.tripod.com/mustang_1994-98_sus-strg.htm
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/online/index.php?idkarla=61
Google images and other site.